Promosi Produk UKM Melalui Internet Marketing
Promosi Produk UKM Melalui Internet Marketing,
Seiring dengan semakin berkembangnya internet untuk segala kebutuhan,
banyak yang memanfaatkan untuk ajang promosi secara efektif. Mulai dari
pengusaha kecil, menengah, hingga perusahaan besar menggunakan media
internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak terkecuali dengan
produk UKM. Promosi produk UKM melalui internet memang memberikan
banyak keuntungan dan manfaat. Namun sayang, ternyata masih ada beberapa
pelaku usaha yang memaksimalkan penjualan mereka melalui media yang
satu ini.
Mamfaat Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM
Internet Marketing Untuk Pemasaran
Produk UKMSaat ini Internet Marketing untuk pemasaran Produk UKM sangat
membantu berbagai pelaku UKM. Bagi produk UKM promosi melalu internet
bisa menjadi pilihan yang murah. Sejalan dengan teknologi informasi yang
semakin berkembang pilihan usaha kecil menengah untuk go online sudah
semakin terbuka. Berbeda sekali di awal tahun 2000 an. Dimana banyak
yang tidak mengenal internet marketing khususnya bagi UKM.
Informasi yang sedikit mengenai
penggunaan internet untuk pemasaran produk usaha kecil dan menengah
sangat disayangkan. Padahal banyak mamfaat yang diperoleh dari strategi
pemasaran online.
Baca Juga: Strategi Promosi Sebuah Produk UKM
Kualitas produk usaha kecil menengah
saya pikir saat ini sudah semakin membaik. Dengan ada nya
program-program pemerintah yang mendukung untuk mengembangkan kualitas
produk UKM. Tapi saat produk telah tercipta maka kita perlu juga
memikirkan bagaimana pemasaran yang cocok untuk produk UKM ini.
Bagaimana caranya agar produk UKM yang bagus mampu mendapatkan pangsa
pasar.
Saya menyarankan sih, menggunakan
Internet Marketing untuk pemasaran Produk UKM. Staretegi dengan
pemasaran melalui internet dianggap lebih simple dan tidak begitu mahal.
Dengan begitu kita bisa memberikan penawaran yang lebih luas, karena
internet saat ini sudah bisa dijangkau disetiap kecematan dan kota
diseluruh Indonesia. Biaya promosi untuk penyebaran penawaran produk ukm
juga tidak perlu harus selangit. Bila biaya promosi yang sia-sia
pastinya hanya akan memberikan beban karena tidak memberikan pendapatan
dari penjualan produk. Ini bisa menjadi permasalahn pelaku ukm dalam
pemasaran produk ukm.
Alasan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM?
Apa alasannya memilih memfaatkan
internet marketing dalam pemasaran produk ukm . Saya berpendapat ada
lima alasan yang memberikan mamfaat menggunakan Internet Marketing Untuk
Pemasaran Produk UKM
1. Akses yang mudah
Internet merupakan media yang bisa
dibuka setiap saat 24 jam sehari. Anda mengandalkan media ini dalam
menyampaikan info produk ukm anda dan bisa diakses semua orang tanpa ada
gangguan.
2. Internet marketing bisa menjangkau peluang pasar yang lebih luas.
Teknologi di Indonesia yang berkembang
saat. Memudahkan setiap orang agar bisa mendapatkan akses internet
melaui laptop/komputer, atau lebih trend saat ini lewat gadget atau
smartphone. Peluang mestinya lebih besar karena kemudahan akses yang
bisa mendapatkan informasi penawaran produk baru ukm anda terhadap calon
pembeli.
3. Biaya Lebih murah.
Jika kita membandingkan dengan toko
menggunakan promosi dengan menyebar brosur, menggatung spanduk yang
besar, atau banner dipajang di depan toko , maupun neon box merek toko
kita. Ini biasanya cara pemasaran yang konvensional. Kalau dihitung
sekedar untuk biaya promosi seperti di atas saja mungkin puluhan juta!!.
Bandingkan jika menggunakan internet marketing untuk pemasaran produk
UKM hanya perlu mengeluarkan biaya lebih rendah. Kalau bisa promosi
menggunakan biaya lebih murah tapi tetap memberikan peluang terjadinya
penjualan. Agar bisa menutupi biaya-biaya usaha kita nanti.
4. Bisa meningkatkan branding produk
Pada produk -produk ukm masih baru. Anda
bisa menggunakan internet marketing terbilang lebih murah. Anda bisa
membuat website sebagai wadah anda mempromosikan mengenai produk dan
mamfaatnya. Selain itu anda bisa menggunakan akun facebook untuk media
social agar memberitahu apa dan bagaimana produk yang anda jual.
5. Mendapatakan penjualan lebih baik
Sebuah usaha bisa mampu mengeluarkan
dana 10 juta lebih dalam hal promosi produk. Jumlah ini bisa dianggap
cukup besar terutama bagi pemula ukm. Perbedaan mengenai biaya promosi
secara offline vs online juga cukup jauh perbedaan jumlahnya. Promosi
anda dengan menggukan internet marketing lebih baik menurut saya untuk
yang pemula. Tinggal anda buat website yang mana akan menjuadi toko
online anda. Lalu anda bisa menggunakan cara-cara promosi dengan via
seo, fb marketing , twitter atau pun adwords. Semua metode yang
disebutkan telah terbukti dalam meninggkatkan penjualan lebih banyak.
Ditambah lagi dengan jangkauan yang lebih luas yang bisa menjangkau
pangsa pasar lebih banyak. Peluang promosi ke beberapa kota tanpa harus
berada di kota tersebut dalam memperkenal produk anda
Penghematan dan penjualan meningkat
menjadi hal yang saat ini dicari pelaku ukm. Strategi internet marketing
bagi pemasaran produk ukm bisa diukur konversinya dari data yang
tercatat. Menjadi pilihan yang bagus untuk pemula karena mereka bisa
mencatat biaya promosi – penjualan = laba
Saya pikir penjelasan di atas memberikan
gambaran bagaimana internet marketing untuk Pemasaran Produk UKM.
Sekarang tugas kita memilih strategi yang pas untuk marketing produk
kita. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini
Stetegi Internet Marketing untuk Pemasaran Produk UKM
Stetegi Internet Marketing untuk Pemasaran Produk UKM
strategi Internet Marketing Untuk
Pemasaran Produk UKMPemasaran melalui Internet dibuat agar menjaring
calon konsumen. Bianya kita mesti bisa meningkatkan traffic “pengunjung”
setiap harinya. Secara sederhana dalam strategi usaha pengujung banyak
kemungkinan peluang pembeli makin besar. Banyangkan misalnya 10 orang
yang datang dengan memberikan penawaran bisa jadi 1 orang melakukan
pembelian. Tapi jika yang datang 1 orang , Apakah dia mau beli? Ini bisa
saja, tapi jarang sekali terjadi pembelian langsung .
Media Yang digunakan di Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM
Search engine optimation atau SEO
Adwords
Facebook Marekting
Twitter
Adwords
Facebook Marekting
Masih bayak sebenarnya media lain yang
kita gunakan dalam tujuan berpromosi produk ukm dengan internet
marketing. Tapi saya pikir 4 media sudah sangat baik dalam menjaring
calon konsumen jika dioptimalkan. Silahkan gunakan masing-masing media
di atas dan temukan keunggulan dan kekurangan bagi produk anda
Di artikel lain, mungkin akan saya
tulisakan stregi menggunakan media yang gratis bagi pemasaran Produk
UKM! Biasanya usaha kecil menengah sering mengalami permasalahan cara
pemasaran produk ukm.
Tidak jarang para pemilik usaha UKM yang
sebenarnya sangat potensial produknya, namun tidak mengetahui bagaimana
memasarkan produk tersebut secara efektif, efisien, hemat, namun bisa
menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui media periklanan di internet,
seperti misalnya periklanan di Google Adwords, maka para pengusaha bisa
melakukan promosi produk UKM melalui internet. Alasan mengapa promosi melalui internet, khususnya Google Adwords sangat tepat untuk diaplikasikan pada produk produk UKM tersebut?
Promosi produk UKM dengan biaya lebih terjangkau
Jika diperhatikan, sebenarnya banyak sekali para pengusaha UKM
yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas. Namun biasanya, karena
kurangnya sarana dalam memilih media promosi yang tepat, maka mereka
terpaksa masih melakukan beberapa cara promosi secara konvensional,
seperti dengan menyebar brosur, promosi dari mulut ke mulut, dan media
promosi lainnya yang membutuhkan biaya yang lebih mahal.
Baca Juga: Ketika Proposal Bisnis ditolak Investor
Padahal, jika kita telaah lebih dalam, promosi produk UKM
dengan menggunakan media internet, dalam hal ini Google Adwords, maka
para pengusaha UKM tersebut bisa menghemat anggaran dan biaya iklan yang
jauh lebih kecil dan hemat jika dibandingkan dengan cara promosi
lainnya. Mengapa demikian? Karena promosi produk UKM melalui Google
Adwords, maka pengusaha bisa mengatur anggaran harian yang diinginkan,
sehingga tidak mungkin berakibat membengkaknya biaya iklan tersebut.
Untuk promosi produk UKM melalui Google Adwords, kita bisa menganggarkan
misalnya sepuluh ribu perhari, atau sesuai dengan kebutuhan yang sudah
disesuaikan.
Promosi produk UKM melalui Adwords, maka jangkauan lebih luas
Hal tersebut memang benar adanya, karena
kita semua tahu, bahwa media internet adalah merupakan sarana yang bisa
menjangkau hampir seluruh dunia. Namun tentu saja hal ini bisa Anda
sesuaikan dengan target untuk pemasaran produk UKM
tersebut. Jika kebetulan promosi produk UKM yang dimiliki adalah untuk
pasar lokal, maka Anda cukup mengatur lokasi yang ingin di targetkan,
sehingga akan lebih tepat kepada calon konsumen.
Dibandingkan dengan promosi melalui
penyebaran brosur yang hanya berada disekitaran area yang terbatas, maka
dengan media internet, promosi produk UKM Anda akan lebih luas
jangkauannya. Jika kebetulan pasar produk Anda adalah lokal, maka target
marketnya bisa seluruh Indonesia, dan yang pasti biayanya lebih
terjangkau.
Promosi produk UKM dengan Google Adwords lebih tepat sasaran
Produk UKM
yang diiklankan melalui Google Adwords lebih tepat sasaran, sehingga
kemungkinan terjadinya penjualan produk tersebut lebih besar. Hal ini
berbeda dengan cara promosi konvensional, dimana target yang dituju
tidak bisa dipastikan. Misalnya Anda menyebar brosur, maka siapapun akan
Anda beri brosur tersebut, entah orang tersebut butuh produk Anda atau
tidak. Namun hal ini tidak demikian halnya jika promosi produk UKM
tersebut dilakukan melalui media internet, dalam hal ini Google Adwords.
Seperti kita ketahui, jika seseorang
mengetik kata kunci pada Google, maka bisa dipastikan orang tersebut
memang sedang membutuhkan sesuatu yang benar benar diperlukan. Jika
kebetulan orang tersebut melihat iklan Anda, dan kemudian tertuju pada
website yang Anda miliki, maka tingkat konversinya akan lebih tinggi.
Masih banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa didapat oleh para pelaku usaha UKM
jika mempromosikan produk melalui jaringan Google Adwords, khususnya
jika ingin melebarkan sayap dalam melakukan promosi produk UKM untuk
pangsa pasar yang lebih luas. Yang jelas, dengan menggunakan Google
Adwords, maka promosi produk UKM akan lebih tepat sasaran, biaya yang
lebih terjangkau, area pemasaran yang lebih luas, dan tingkat konversi
atau penjualan lebih tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar