Top Ads

Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget Sangat Mudah

Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget, Kami cukup yakin Anda sudah sering dengar banyak kisah sukses tentang orang-orang yang memiliki omset puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan menggunakan Facebook Ads atau sering disebut juga Facebook Marketing atau Sosial Media Marketing.
Ada pertanyaaan besarnya adalah “Apakah Facebook sungguh powerfull untuk mempromosikan produk Anda?
Kami mulai beriklan dengan Facebook Ads, jujur saja kami memiliki keraguan yang teramat tinggi… bahkan kami sampai memiliki persepsi bahwa Facebook Ads ini hanyalah HYPE & orang – orang yang ngaku sukses dengan Facebook Ads hanyalah bertujuan untuk mendapatkan profit semata dengan menjual training, pelatihan atau kursus sosial media marketing.
Kenapa saya sampai berpikiran seperti itu?
Karena waktu itu saya sudah beriklan macam – macam produk dengan menggunakan Facebook Ads, berjalan 1-2 minggu dan apakah Anda tahu apa yang terjadi?
Belum satupun produk yang terjual & lebih parahnya lagi saya telah membuang biaya sekitar $20 per hari, jadi saya sudah menghabiskan jutaan, tapi gak ada hasil.
Apabila Anda saat ini belum pernah menggunakan Facebook Ads atau sudah pernah beriklan tapi belum juga menunjukkan hasil yang signifikan atau Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget , maka Anda sudah berada di halaman yang tepat karena kami sharingkan tentang kunci sukses apa saja yang sangat di perlukan bagi Anda perhatikan kalau Anda ingin mencapai omset yang luar biasa dengan menggunakan Facebook Ads.
Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget apa yang kami sharingkan ini adalah 100% hasil testing saya (baik dan buruknya) mulai dari tahun 2014 s/d hari ini menggunakan Facebook Ads untuk usaha online kami.

Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget

Berdasarkan pengalaman pribadi saya selama ini, saya menyimpulkan ada 4 cara buat iklan facebook ads yang benar – benar harus Anda kuasai ketika ingin beriklan dengan Facebook Ads.
Jika anda belum menguasai cara buat iklan facebook Ads yang baik dan benar, maka saya cukup yakin bahwa anda hanya akan membuang lebih banyak uang untuk beriklan tanpa hasil yang memuaskan
Berikut rahasia beriklan di facebook yang harus Anda kuasai…
Pahami Karakter Target Audience Anda
Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Kami akan bahas satu persatu agar anda mendapatkan penjelasan yang lebih detail mengenai bagaimana cara buat iklan facebook Ads tertarget, simak urain kami di bawah ini.
jasa iklan facebook
jasa iklan facebook

Pahami Karakter Target Audience Anda

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.
Demography: usia, jenis kelamin
Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya
Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan facebook Ads pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.
Apa yang dimaksud dengan karakter target audience facebook Anda?
Misalkan: kami ingin beriklan untuk jasa pasang gypsum solo, biaya pembuatan gypsum Rp 120.000 per meter dan lokasi workshop internet marketing kami ada di Solo dan Jogja.
Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:
Usia: 25 – 35 thn
Gender: laki – laki
Lokasi: Solo dan Jogja
Interest: property solo, perumahan solo, konsultan property, renovasi rumah solo, renovasi gedung
Connection: teman – teman nya dari Fans Page Anda
Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja
Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.
Biasanya yang kami lakukan adalah kami browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.
Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul di benak kami ketika sedang melakukan riset target audience adalah:
Target audience kita itu biasanya tertariknya dengan hal apa saja ya?
Secara usia dan jenis kelamin, mereka itu seperti apa?
Website apa saja yang sering mereka kunjungi ketika tertarik dengan produk saya?
Topik diskusi apa yang masih berhubungan erat dengan produk yang saya jual?
Kebiasaan mereka sehari-harinya ngapain saja ya di online?
Apa saja profesi / pekerjaan mereka?
Barang apalagi yang mereka butuhkan sebagai pelengkap produk saya?
Dari pertanyaan diatas, Anda akan mendapatkan gambaran lebih luas tentang target audience Anda sehingga ketika memasang iklan facebook, Anda dapat membidik jangkauan yang cukup spesifik. Hal ini penting untuk menghemat biaya iklan facebook Anda.
Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ada tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset terhadap target audience Anda? Kalau bisa gratis & handal.
Kabar baik untuk Anda adalah jawabannya ADA!!  Ada tool gratis dan handal yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi tentang target audience ini yang akan jelaskan berikut ini.
Jadi ketika ingin mengetahui karakter audience yang ingin saya bidik, biasanya saya mengamati website kompetitor yang menjual produk yang identik dengan produk yang saya jual.
Misalkan Anda ingin menjual barang-barang kebutuhan bayi, seperti susu, botol susu, alat perlengkapan bayi, mainan edukasi bayi dan seterusnya maka Anda perlu cari tahu website lain yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis tersebut di online.
Dengan mengetahui seperti apa orang – orang yang mengunjungi website kompetitor, maka Anda akan mendapat gambaran lebih jelas tentang karakter target audience yang identik dengan yang akan Anda bidik.
Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan tool yang bernama Google Display Planner (GDP). Tool ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada kita tentang karakter orang-orang yang mengunjungi sebuah website tertentu. Walaupun hasil yang ditampilkan tidak bisa dijadikan pedoman 100% tapi dari sini Anda sudah dapat gambaran yang lebih spesifik dan bisa Anda jadikan salah satu acuan untuk membidik target audience anda.
Untuk lebih jelasnya, saya berikan langkah – langkahnya sebagai berikut:
Buka akun Google Adwords Anda di http://Adwords.Google.com
Bagi Anda yang belum memiliki akun adwords, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu seperti biasa (gratis).
Klik menu “Tools” dan pilih “Display Planner”
Masukkan nama website kompetitor anda di kolom “Your customer are interested in”
Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia” karena cukup banyak orang Indonesia yang menggunakan settingan Bahasa Inggris di akun google nya
Lalu akan muncul tampilan seperti di gambar berikut ini
Dari gambar diatas, Anda bisa mendapatkan banyak insight atau petunjuk tentang karakter orang-orang yang mengunjungi website kompetitor anda, dalam contoh ini adalah orang – orang yang mengunjungi website kompetitor Anda
Anda bisa lihat data – data mulai dari kelompok usia, jenis kelamin dan juga darimana mereka biasanya mengakses web tersebut, sebagai contoh diatas kebanyakan adalah pria, usia 18 – 34 tahun dan lebih banyak mengakses via mobile dibandingkan desktop / PC.
Hal ini mungkin berbeda dari apa yang sebelumnya Anda pikirkan dimana kita biasanya berpikir bahwa yang mengakses website kebutuhan baby pastilah kebanyakan wanita.
Tapi dengan melihat data diatas Anda jadi dapat insight baru ternyata ada kemungkinan Anda dapat membidik pria juga yang artinya suami – suami dari istri yang memiliki anak ternyata juga mengakses web tersebut.
Selain demografi, Anda juga dapat lihat data lainnya seperti website lain apalagi yang suka dikunjungi oleh orang – orang tersebut (klik menu “placements”) dan juga topik – topik apa saja yang masih berhubungan dengan website tersebut (klik menu “topic”).
Memang data diatas tidak 100% dapat dijadikan pedoman utama karena kalau Anda perhatikan masih ada data – data yang statusnya “unknown” yaitu ada sejumlah data yang belum didapatkan oleh google, karena data yang diberikan oleh google ini adalah data yang didapat ketika seseorang browsing dengan kondisi akun googlenya aktif (login ke gmail).
Setelah mengetahui cara pakai google display planner, mungkin beberapa dari Anda bertanya:
Pak… GDP itu kan dipakai ketika saya sudah tahu nama website kompetitor nya kita apa, nah… bagaimana saya tahu apa saja website kompetitor di indonesia misalkan?
Cara yang paling mudah adalah Anda ketikkan saja kata kunci yang berhubungan dengan produk yang akan anda jual di google.co.id dan lihat apa saja nama website yang muncul di halaman pertama.
Cara lainnya adalah Anda bisa gunakan tool online (website based) bernama www.Similarweb.com. Anda masukkan salah satu nama website kompetitor (misalkan soloproperty.com) & tool ini akan memberitahukan Anda apa saja nama – nama website lainnya yang identik dengan nama website yang baru saja Anda masukkan.
Selain itu, tool ini dapat menginformasikan interest dari para pengunjung website tersebut juga seperti gambar dibawah ini. Saya sarankan Anda untuk praktek tool ini untuk mendapat gambaran lebih jelasnya.

Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience

Memahami format iklan yang Anda buat amatlah penting. Seperti yang Anda ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:
Teks
Gambar
Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Anda tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Anda.
Bayangkan kalau Anda beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Anda tidak dpat mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Anda akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.
Oleh karena itu bila Anda mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Anda akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut kalau Anda bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik
Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.canva.com. Silahkan anda registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur – fitur yang telah disediakan seperti template – template gambar yang sudah ready.

Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih

Sejak berdiri sampai hari ini, Facebook selalu mengalami perubahan dan terus memperbaiki semua fiturnya mulai dari interface yang semakin mudah digunakan, sampai dengan fitur – fitur Facebook Ads yang semakin canggih.
Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu sumber income terbesar facebook sampai saat ini adalah melalui Facebook Advertising-nya. Hal ini tentu membuat Facebook secara konsisten melakukan pengembangan untuk fitur advertising tersebut.
Fitur – fitur advertising terbaru dari facebook, adalah:
Custom Audience
Custom audience apabila Anda memiliki database seperti email dari customer Anda sebelumnya, maka dengan menggunakan custom audience yaitu Anda dapat memasukkan list email tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja dari database tersebut yang memiliki akun Facebook.
Sehingga hal ini memungkinkan Anda membidik target audience mereka yang ada di list email Anda dan aktif di facebook.
Retargeting
Anda sebagai advertiser atau pemasang iklan dapat membidik ulang orang – orang yang telah mengunjungi website Anda, sehingga setelah mereka mengunjungi website Anda dan masuk ke Facebook maka mereka akan melihat iklan Anda di facebook.
Fitur seperti ini dinamakan retargeting. Itu sebabnya Anda pasti pernah merasa heran kenapa kok setelah datang ke website A, kok jadi sering lihat iklan perusahaan A. Itulah fitur Retargeting yang sedang bekerja
Conversion Tracking
Dengan fitur conversion tracking, Anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah orang yang membeli produk Anda dengan cara memasukannya ke keranjang belanja di website  Anda.
Atau Anda mau mengetahui jumlah orang yang mengisi formulir yang telah disediakan sehingga Anda tahu seberapa efektif iklan Anda. Inilah fungsi fitur Conversion Tracking.
Lookalike Audience
Fitur terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama Anda.
Jadi misalkan Anda sudah memiliki data seperti list email customer dan banyak fans di page Anda maka Anda dapat langsung menciptakan kelompok target audience baru secara otomatis & menggunakannya sebagai target audience di iklan baru Anda.
Jadi bisa Anda lihat, apabila Anda mengerti kegunaan masing-masing fitur diatas dan strategi optimasinya, Anda akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas di Facebook dan tentu saja membantu Anda untuk mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat

Setelah iklan Anda berjalan, biasanya Anda mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan anda. Pada tahap ini Anda harus memahami bagaimana cara agar orang – orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda.
Hal inilah yang saya namakan sebagai cara untuk “mengkonversi” calon customer menjadi customer loyal anda untuk seterusnya.
Sebagai contoh, saya memiliki pengalaman pribadi dimana saya menjual produk fisik dengan mengandalkan FB Ads sebagai satu – satunya channel marketing.
Pada awalnya saya senang karena banyak orang yang lihat iklan saya, masuk ke BBM / WA dan bertanya – tanya tentang harga, spek produk dan sebagainya. Tapi berjalan 3 – 5 hari saya malah jadi frustasi karena yang tanya itu banyak (add pin BBM 20 – 30 perhari) tapi kalau bicara penjualan itu nol besar.
Customer Service sejak saat itu saya terus mencari tahu sebenarnya masalah itu terletak di bagian mana dan ternyata kemampuan dari staf CS yang kita pekerjakan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap konversi penjualan. Untuk poin yang satu ini, banyak orang seringkali menganggap enteng. Mereka biasanya berpikir bahwa dengan hire staf CS untuk membalas setiap pertanyaan dari customer saja sudah cukup.
Pada kenyataannya hal itu masih jauh dari cukup kalau Anda benar – benar ingin mendapatkan penjualan yang luar biasa. Apalagi ketika kita bandingkan antara online dan offline, ternyata staf CS untuk mengurus usaha online itu jauh lebih kompleks daripada hire tenaga CS untuk mengurus usaha offline.
Mengapa demikian coustomer service online lebih komplek?
Karena kalau staf CS offline bekerja, kita sebagai pengawas dapat melihat dengan mata secara langsung kinerjanya di lapangan. Apakah ucapannya sopan, sudah tepat atau ada yang kurang.
Tapi kalau staf CS online tiap hari kerjanya adalah chatting di BBM / WA sehingga lebih sulit memantau apa saja yang ditulis di bbm antara CS kita dengan calon customer.
Oleh karena itu, saya mencoba memberikan beberapa tips kepada Anda agar penjualan Anda lebih optimal, yaitu:
Interview calon customer service (CS) yang tepat
Ketika Anda interview, pastikan Anda memperhatikan lokasi tinggal si CS dan jarak tempuh dari rumah dia ke kantor Anda. Stamina yang lemah sangat mengganggu performa CS Anda di kantor seharian
Background pendidikan & pengalaman kerja perlu ditanyakan lebih jauh & minta agar dia mempraktekkan langsung cara melayani customer yang semestinya, untuk melihat sejauh mana kemampuan si CS.
Lihat juga kepribadiannya CS, sebaiknya pilih CS yang suka berbicara agar dia tidak merasa lelah ketika harus banyak handle banyak customer.
Prioritaskan customer yang tepat
Ketika customer Anda sudah mulai banyak yang bertanya, Anda harus dapat memprioritaskan calon customer yang tepat sehingga dapat terjadi penjualan dalam waktu yang lebih cepat, tanpa harus menambah banyak – banyak CS lagi.
Kuasai product knowledge
Ini mutlak harus dikuasai oleh CS Anda, oleh karena itu pastikan skill CS Anda sesuai & lebih baik lagi kalau memang si CS ada passion dengan produk yang akan dijualnya.
Inisiatif & cepat
Respon yang cepat dan memuaskan akan sangat membantu percepatan penjualan saat ini dan untuk jangka panjang karena pada dasarnya kita sebagai customer sangat suka diprioritaskan dan diperhatikan.
Disamping beberapa tips diatas, Anda juga harus memahami bahwa Anda perlu melakukan testing pada tahap awal beriklan untuk melihat tipe iklan seperti apa yang ternyata bekerja dengan baik terhadap target audience kita.
Kebanyakan orang yang saya perhatikan, mereka menjalankan Facebook Ads secara general targeting dan ketika berjalan 3 – 5 hari tidak ada penjualan, maka mereka stop beriklan dan mengklaim bahwa Facebook tidak efektif untuk channel marketing. Hal seperti ini tentu tidak tepat apabila Anda ingin benar – benar mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook Ads.
Jadi itulah cara beriklan di FB Ads dari pengalaman saya selama ini, yaitu:
Pahami Karakter Target Audience Anda
Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Tentu saja masing – masing kunci diatas ada banyak detil yang harus dipelajari dan diperdalam lagi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dengan terus berlatih dan berjalannya waktu, Anda akan mulai mengenali metode yang tepat sasaran dengan Facebook Ads.
Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan Anda wawasan yang lebih terbuka akan Facebook Ads, bahwa bukan masalah Facebook itu channel yang efektif atau tidak efektif untuk beriklan tapi justru lebih kepada apakah Anda tahu cara membuat iklan Facebook yang efektif atau tidak.
“Everything Can Works When You Know How to Steering It”
Sebelum mengakhiri artikel ini, saya ingin sampaikan satu hal penting. Berdasarkan pengalaman saya sebagai tim asistensi/mentoring banyak kali di workshop MilyarderTokoOnline.com, saya sering mendapat pertanyaan dari peserta dimana mereka ingin sekali mengetahui lebih dalam dan terperinci tentang Facebook Ads ini.
Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget atau Cara Meningkatkan CTR Facebook Ads Agar Iklan Lebih Menghasilkan.
Apa sih pentingnya kita meningkatkan CTR Facebook Ads atau iklan facebook tertarget? Sangat penting, terlebih setiap iklan berbayar tentu memiliki persentase yang seimbang dalam hal keuntungan dan kerugian. 50% Untung dan 50% rugi. Itu mungkin sudah biasa apabila kita menggunakan iklan berbayar sebagai media promosi bisnis kita. Bagi sebagian pebisnis yang mempromosikan bisnisnya khususnya di Facebook, yaitu dengan Facebook Ads, tentu sudah tahu bahwa jika beriklan di Facebook, hal yang paling diutamakan adalah ROI (Return On Investment).
Kenapa? karena hal yang terpenting dalam beriklan adalah investasi pada biaya iklan harus kembali lebih banyak dan tidak kurang dari biaya iklan yang telah dikeluarkan. Jika anda ingin jujur, lebih memilih mana antara iklan yang berbiaya $15 per-klik namun memberikan keuntungan (menghasilkan konversi) atau mendapatkan biaya $0.1 per-klik namun tidak menghasilkan konversi? Pasti tentunya semua akan memilih pilihan yang pertama.
Contohnya Facebook Ads. Semakin tinggi CTR (Click Through Rate) yang kita dapat, maka semakin rendah nilai CPC (Cost Per Click) nya. Dan apabila CPC yang kita dapat semakin rendah, maka ROI nya akan semakin tinggi. CPC ini adalah biaya dari iklan kita.

Berikut ada artikel yang saya sarankan untuk Anda baca dari www.digitalmarketer.id mengenai dengan judul : Berniat Membuat Facebook Ads? Ini Caranya! (Tutorial)
Bagi Anda yang ingin mengembangkan  jangkauan pasar yang lebih luas, atau ingin menjual produk offline Anda, maka media sosial merupakan langkah tepat untuk menunjang strategi pemasaran Anda. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan Facebook Page. Jika Anda telah mebuatnya untuk kebutuhan bisnis, maka dalam hal ini Anda selangkah lebih maju untuk membawa bisnis Anda makin berkembang dan tumbuh.
Tidak sebatas hanya membuat Facebook Page, Anda juga perlu meningkatkan  fans untuk menambah keterlibatan dengan pengguna atau calon customer Anda. Cara yang paling efektif untuk menambahkan fans untuk Facebook Page Anda adalah, dengan menggunakan Facebook Ads.  Dalam bahasan ini, Anda akan belajar bagaimana cara mengatur account Facebook Ads dan mempelajari semua informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang account Anda. Informasi-informasi ini akan membantu Anda mengelola kampanye iklan yang lebih cerdas.
Jangan khawatir pembahasan ini akan rumit dan menyulitkan. Anda hanya perlu untuk membaca ulasan ini dengan seksama dan memahami alurnya secara perlahan. Bahkan, jika Anda berpengalaman dengan Facebook Ads, maka Anda akan lebih mudah mengelola izin halaman, apps, event, dan iklan, serta batas akun yang dapat Anda ubah.

Buat Account Facebook Ads Anda

Jika Anda bermaksud menggunakan Facebook Ads untuk keperluan bisnis Anda, maka hal pertama yang Anda lakukan adalah mengetahui informasi pembayaran untuk memasang iklan di Facebook . Untuk itu, DigitalMareketer.id akan memandu Anda dalam setiap langkah yang akan Anda ambil.
Pertama, masuk ke ‘pengaturan akun’. Tentunya Anda sudah terlebih dahulu login ke Facebook menggunakan akun Anda.
Gambar 1
Selanjutnya isi form mulai dari atas hingga bawah. Untuk yang pertama, Anda diharuskan untuk mengisi nama akun. Pilihlah nama akun yang sederhana, misalnya seperti nama bisnis Anda atau page yang sebelumnya telah Anda buat.
xxx
Selanjutnya, Anda dapat mengisi informasi-informasi lainnya. Hal ini akan digunakan untuk tujuan tagihan pembayaran. Untuk memastikan data yang Anda isi sudah benar, alangkah baiknya untuk memeriksanya dengan lebih seksama. Pada halaman ini Anda juga akan dijelaskan mengenai  pemberitahuan email iklan, pemberitahuan iklan Facebook, dan masih banyak lagi lainnya. Pelajari terlebih dulu sebelum Anda benar-benar akan menyimpan perubahan.
Setelah beranjak dari pengaturan akun, maka selanjutnya masuk ke menu ‘Tagihan’. Jika sebelumnya Anda pernah menambahkan kartu kredit sebagai metode pembayaran ke rekening Anda, maka Anda tak akan asing lagi untuk melihat tampilan di bawah ini:
Sipp Beud
Oke, mari sekarang kita tambahkan kartu kredit ke akun Facebook Ads Anda. Saat Anda benar-benar tertarik untuk menggunakan Facebook Ads, maka DigitalMarketer.id menyarankan Anda untuk menambahkan metode pembayaran sekunder. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kartu kredit Anda mencapai batas limit atau diblokir dengan alasan apapun itu, maka iklan yang Anda pasang di Facebook tidak akan berhenti tayang.
Jika pembayaran utama Anda gagal, maka iklan Anda akan dihentikan oleh pihak Facebook, hingga Anda mampu membayarnya kembali. Untuk menambahkan metode pembayaran, makan klik ‘Metode pembayaran’ pada menu opsi yang di sebelah kiri atas. Pada halaman tersebut, Anda akan melihat bahwa Anda dapat memilih beberapa metode pembayaran. Mari kita menambahkan salah satunya. Kali ini, DigitalMarketer.id akan memberi contoh dengan mengeklik untuk pilihan kartu kredit, dan selanjutnya lanjutkan dengan klik ‘lanjutkan’.
gambar 4
Jika Anda memutuskan untuk memilih kartu kredit untuk metode pembayaran, maka Anda diharuskan untuk memasukan nomor kartu kredit, jenis kartu, dan informasi-informasi lain terkait dengan hal tersebut.
GAMBAR 5
Selanjutnya, jika Anda menginginkan untuk mengubah metode pembayaran, maka Anda dapat mengeditnya. Satu yang perlu Anda ingat, jika Anda terlanjur untuk menambah sumber tagihan Anda, maka Anda tidak dapat menghapusnya. Anda hanya dapat menambahkan sumber pendanaan yang lainnya sebagai metode untuk pembayaran nantinya.

Kapan Anda Akan Ditagih untuk Membayar kembali?

Pada Facebook Ads, cara perhitungan biaya iklan dibagi menjadi dua model, yakni Cost Per Click (CPC) dan CPM. Keduanya pernah DigitalMarketer.id singgung pada artikel yang berjudul ‘Berbagai Model Facebook Ads yang Harus Anda Ketahui’.
telah dijelaskan bagaimana membuat Facebook Page untuk kepentingan bisnis Anda. Bahkan, juga telah dijelaskan bagaimana menambahkan fans untuk menyukai Facebook Page yang sebelumnya telah Anda buat. Masih berkaitan dengan kedua hal tersebut, kini bahasan selanjutnya DigitalMarketer.id akan menjelaskan terkait bagaimana caranya menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan Facebook Page dan bisnis Anda.
Sebelum Anda melangkah lebih jauh, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Facebook Ads. Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Facebook melalui pengenalan ‘About Facebook Ads’ menjelaskan bahwa, Facebook Ads merupakan jasa berbayar yang berasal dari bisnis dan mencakup konteks sosial tentang pertemanan. Orang yang menyukai halaman Anda, dua kali akan lebih sering meluangkan waktu sebagai pelanggan Anda dibandingkan dengan orang yang tidak pernah terhubung dengan Anda di Facebook.
Beberapa hal yang Anda dapatkan dengan memanfaatkan Facebook Ads ini misalnya seperti jangkauan pasar yang lebih luas dan terkemas dalam beberapa kategori atau kesukaan yang berbeda-beda. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan pada pengiklan untuk mengelompokkan customer-nya sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan ini, maka strategi pemasaran Anda akan lebih fokus dan terarah.

Mengapa Anda Harus Beriklan di Facebook?

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Facebook Ads untuk menunjang bisnis Anda. Beberapa hal tersebut seperti halnya:
Facebook adalah salah satu media sosial paling populer di banyak negara.
Dengan sekitar 1,28 miliar pengguna aktif, Facebook merupakan situs yang paling banyak di akses setelah Google. Dengan Anda memasang iklan di Facebook, tentunya akan banyak berjuta pasang mata yang akan melihat iklan Anda.
Facebook menawarkan iklan bertarget.
Hal ini akan memungkinkan pengiklan menargetkan kelompok tertentu berdasarkan umur, kepentingan pribadi, demografis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, Facebook dapat melacak melalui profil pengguna untuk menempatkan iklan hanya pada halaman yang menyebutkan kata kunci tertentu.
Anda dapat meningkatkan loyalitas customer dengan menggunakan Facebook Page.
Banyak pelaku bisnis telah membuat Facebook Page untuk meraih fans sebanyak-banyaknya. Melalui halaman tersebut, Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan customer Sehingga, Anda dapat membangun loyalitas dan merek Anda sendiri.
Menawarkan promosi khusus melalui Facebook Page.
Fan Page Anda juga dapat Anda manfaatkan sebagai platform untuk mempromosikan produk Anda. Dengan meng-update promo dan produk terbaru melalui halaman ini, maka informasi yang akan didapatkan oleh customer Anda akan jauh lebih efektif.
Facebook Ads lebih fleksibel dibandingkan dengan Google Adwords.
✔Dibandingkan dengan Google Adwords, Facebook jauh lebih menawarkan karakter yang lebih panjang untuk deskripsi iklan. Kemampuan untuk membuat iklan berbaris melalui gambar juga dapat dilakukan ketika Anda menggunakan Facebook Ads. Sehingga, hal ini lebih fleksibel dibandingkan dengan Google Adwords.
✔Pengguna Facebook menawarkan keterlibatan yang jauh lebih tinggi untuk mengunjungi iklan Anda.
Pengguna Facebook mengunjungi website Anda bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan informasi, melainkan juga memungkinkan untuk mengambil tindakan pembelian (konversi). Hal ini menyebabkan tingkat efektivitas yang lebih tinggi untuk meningkatkan visibilitas iklan.
✔Jika seseorang pernah meng-klik iklan Anda, maka iklan Anda akan sering muncul di halaman Facebook orang yang berkaitan.
Iklan Anda memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk mendapatkan perhatian dan dilihat beberapa kali. Dengan begitu, maka sebagian besar pengguna Facebook akan mengunjungi website Anda beberapa kali dalam sehari.
✔Anda dapat memilih pembayaran iklan melalui BPK atau CPM.
Dengan menggunakan Facebook Ads, maka memungkinkan Anda untuk memilih fitur iklan berdasarkan anggaran Anda. Untuk ini, Facebook menyediakan iklan Cost-Perr-Mille (CPM) dan Cost-Per-Click CPC). CPM sendiri adalah merupakan iklan yang harus Anda bayar dalam setiap kali penayangan. Jadi, intensitas penayangan iklan berpengaruh besar pada biaya yang harus Anda keluarkan. CPM merupakan pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan kesadaran merek. Sedangkan untuk CPM, Anda diharuskan untuk membayar jika iklan Anda di klik oleh seseorang. Klik ini juga termasuk untuk like, komentar, dan share. Jika Anda menggunakan CPM, maka tepat apabila tujuan Anda adalah interaksi dengan pemirsa.
✔Iklan di Facebook jauh lebih murah.
Karena Facebook Ads mempunyai target lebih fokus dan terarah, maka langkah ini bagus untuk mencapai target pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Berbagai paket iklan juga cukup h Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna dengan menyesuaikan dengan jumlah anggaran Anda.
✔Mempunyai kemampuan untuk mencapai pengguna smartphone.
Kebanyakan, pengguna Facebook mengakses Facebook melalui smartphone setiap harinya. Ini berarti, pengiklan tidak hanya memiliki kemampuan untuk mencapai target pada saat mereka menggunakan komputer saja, melainkan juga pengguna smartphone di seluruh dunia.

✎Berbagai Jenis Model Iklan di Facebook

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Facebook Ads dan membayar menggunakan kartu kredit Anda, maka ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa saja model iklan yang ditawarkan oleh Facebook. Berbagai jenis model iklan Facebook ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pengguna. Berikut ini adalah beberapa model iklan yang di maksud:

Iklan untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Salah satu tujuan paling umum dari Facebook Ads sendiri adalah, mengarahkan traffic ke website Anda. Tentunya, hal ini akan meningkatkan jangkauan secara keseluruhan ke website Anda yang mengarahkannya bukan hanya untuk membeli produk, melainkan juga untuk sign up, newsletter, atau berpartisipasi dalam beberapa kepentingan lainnya.  Berikut adalah jenis iklan yang akan meningkatkan traffic ke website Anda.

✔Domain Ad
Penempatan: Kolom sebelah kanan
Domain Ads dd
Dari berbagai jenis iklan Facebook, yang satu ini merupakan jenis iklan yang paling sederhana. Iklan ini hanya ditampilkan di kolom sebelah kanan, jadi iklan ini tidak mendukung untuk versi mobile. Anda dapat menempatkan judul, deskripsi singkat, dan URL yang akan ditampilkan. Biasanya, ini akan diambil dengan metode pembayaran CPC, agar biaya yang ditampilkan cukup terjangkau.
✔Page Post Link
Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, mobile
Link sip
Ini merupakan model iklan yang paling umum dari semua jenis iklan di Facebook. Idealnya, Facebook Ads digunakan untuk mempromosikan situs website eksternal. Biasanya, Anda menemuinya di Newsfeed yang disertai dengan gambar lebih besar dan menarik untuk menangkap perhatian pengguna.
Melalui iklan ini, Anda dapat memberikan deskripsi singkat disertai dengan link. Sehingga, Anda akan lebih baik dalam hal menjelaskan penawaran Anda. Iklan ini juga merupakan model terbaik untuk meningkatkan fans untuk Facebook Page Anda. Ingatlah untuk terus menanggapi komentar pengguna untuk meningkatkan keterlibatan.
✔Multi Product
Penempatan: Newsfeed, mobile
Facebook Multi-product Ads
Model iklan ini baru dirilis pada Juni 2014 lalu. Ini sangat berguna bagi pengiklan untuk semua aktivitas ecommerce. Hal ini akan lebih memungkinkan mempromosikan beberapa produk secara sekaligus dari toko mereka.
Namun, jenis iklan baru ini hanya tersedia di Newsfeed, desktop, dan mobile. Iklan ini sangat mirip dengan model iklan Page Post Link.  Namun, bukan menampilkan satu link layaknya Page Post Link, melainkan mendukung hingga tiga produk link yang dipamerkan. Ini merupakan hal yang dapat Anda manfaatkan jika Anda mempunyai banyak produk di toko online Anda. Dengan hanya satu iklan, maka Anda dapat mempromosikan tiga produk berbeda secara bersamaan. Masing-masing produk tersebut dengan gambar, link, dan judul yang berbeda-beda pula.
Iklan untuk meningkatkan Likes dan Keterlibatan Facebook Page Anda
Semua jenis iklan di Facebook memang baik untuk strategi pemasaran. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan jumlah like pada page Anda, serta meningkatkan jangkauan konten yang telah Anda posting. Mempromosikan posting-an Anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa semua fans Anda melihat pesan Anda.
✔Page Like
Penempatan: kolom sebelah kanan, Newsfeed, dan mobile
Page Likes Sip
Ini merupakan iklan untuk meningkatkan halaman page Anda. Iklan ini biasanya ditampilkan pada semua penempatan dan melalui deskripsi yang Anda berikan, maka akan membuat page Anda lebih banyak memperoleh like dari pengguna Facebook lain. Ketika Anda menggunakan iklan model ini, ingatlah bahwa ini bukan tentang   Anda harus mendapatkan target like sebanyak-banyaknya, melainkan tentang memilih khalayak yang tepat yang benar-benar tertarik dengan Facebook Page Anda.
✔Page Post Photo
Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, Mobile
Page Post
Anda ingin terlibat dengan fans page Anda? Maka, model iklan ini memiliki kesempatan yang paling besar dengan menunjukan gambar-gambar yang menarik. Pilih foto atau gambar yang tepat, maka dengan begitu Anda akan dibanjiri dengan komentar dan like. Anda juga dapat menyertakan link pada deskripsi, namun jangan terlalu sering.
✔Page Post Video
Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, mobile
Page Post Video
Iklan berbasis video masih termasuk baru di Facebook. Sehingga, memungkinkan Anda lebih banyak terlibat dengan dengan pengguna Facebook lainnya. Memang, menghasilkan konten video yang berkualitas akan sangat memakan waktu dan menghabiskan biaya mahal. Namun, baik itu bisnis besar atau kecil, banyak di antara mereka yang menggunakan ini karena memang lebih efektif untuk mengenalkan produk secara jelas melalui audio dan visual.
✔Page Post Text
Penempatan: Kolom sebelah kanan, News Feed, mobile
text
Format iklan ini difokuskan pada page Anda untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengguna lainnya. Namun secara penggunaan, iklan ini termasuk rendah dibandingkan dengan model iklan lainnya yang bukan hanya menonjolkan konten teks saja, melainkan juga gambar, dan video.

Iklan untuk Meng-install App Mobile dan Dekstop

Sejak peluncurannya aplikasi mobile, Facebook telah menjadi salah satu pemain terbesar dalam iklan mobile. Iklan aplikasi mobile menargetkan untuk membawa pengguna meng-install aplikasi mobile terbaru dengan OS Android dan iOS. Jika Anda berminat untuk mempromosikan aplikasi mobile, maka iklan-iklan dengan model di bawah ini dapat Anda gunakan untuk hal tersebut.
✔Mobile App
Penempatan: Mobile
app mobile
Ini merupakan pilihan yang sempurna untuk mendorong lebih banyak pengguna untuk menginstall aplikasi ke mobile. Iklan ini hanya ditampilkan pada Newsfeed melalui mobile saja. Saat pengguna mengklik ‘install’, maka App Store akan segera muncul. Ini akan memberikan tingkat konversi yang besar.
✔Dekstop App
Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed
Deklstop App
Unit iklan ini termasuk baru dan memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi hanya melalui Facebook Anda. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini tidak didukung pada ponsel. Sehingga, Anda hanya dapat menargetkan melalui desktop Newsfeed atau kolom sebelah kanan pada Facebook. Seperti yang telah Anda lihat melalui screenshoot, bahwa terdapat rating dan penggunaan yang baik terlihat di bawah gambar. Jadi, pastikan untuk menyertakan rating melalui bintang-bintang untuk lebih menarik pengguna agar menggunakan aplikasi yang dimaksud.

Pengunjung untuk Toko dan Acara Anda

Jika Anda ingin menjual produk-produk toko online Anda, atau memberikan penawaran-penawaran untuk meningkatkan penjualan produk Anda, maka Facebook Ads juga memfasilitasi keinginan Anda. Bahkan, ketika Anda mengadakan acara-acara besar, maka promosi tersebut juga dapat Anda pasang melalui Facebook.
✔Event
Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, mobile
event
Untuk Anda yang akan menyelenggarakan event-event yang berskala baik besar ataupun kecil, maka Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung melalui Facebook Ads. Tentunya, dengan menggunakan model iklan ini, maka jangkauan Anda untuk menjaring peserta event akan sangat luas. Bahkan, Anda juga dapat memilih target peserta secara lebih mendetail. Misalnya, dengan jangkauan geografis tertentu yang tinggal di kota yang sama atau wilayah lain di luar tempat diselenggarakannya acara.
✔Offer/ Memberi Penawaran
Penempatan: Kolom sebelah kanan, Newsfeed, Mobile
offer
Model iklan ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai toko baik secara offline maupun online. Tujuan utamanya sama dengan model iklan lainnya, yakni untuk menarik orang-orang ke toko mereka. Untuk membuat penawaran-penawaran, maka setidaknya Anda memerlukan 50 fans yang menyukai Facebook Page Anda. Cara kerjanya adalah, setiap kali pengguna meng-klik iklan Anda, mereka akan menerima email yang berisi rincian dan persyaratan untuk membeli tawaran tersebut.
Bagaimana, dari sekian banyak jenis iklan yang dilihat dari tujuan dan modelnya, mana iklan yang akan Anda gunakan? Pastinya, Facebook menawarkan berbagai jenis model iklan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai rekomendasi, DigitalMarketer.id menyarankan Anda untuk menguji format iklan yang berbeda dan melihat mana di antara sekian banyak model iklan tersebut yang efektif dan memberikan hasil terbaik untuk Anda.
CPC
Sedikit mengulas kembali, CPC merupakan iklan di mana Anda akan dikenakan biaya setiap kali iklan yang telah Anda pasang di klik oleh customer. Artinya, apabila iklan Anda tidak di klik, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Lalu, berapa yang harus kita bayar jika menggunakan iklan model ini? Dalam hal penentuan biaya iklan, Facebook akan melihat beberapa hal sebagai pertimbangan. Hal-hal tersebut di antaranya seperti apa bidang pemasaran Anda, dan kemana Anda akan mengarahkan (fanpage atau website), dan juga tingkat persaingan kompetitor. Umumnya untuk market Indonesia, biaya berkisar antara 0,05-0,12 $ atau setara dengan 650- 1.550 rupiah.
CPM
CPM sendiri merupakan iklan tayang di mana Anda harus membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan Anda muncul. Artinya, sebagai pemasang iklan, Anda hanya membayar jika iklan Anda dilihat sebanyak 1000 impresi atau tampilan. Meskipun iklan Anda tidak di klik oleh pengunjung, maka Anda tetap berkewajiban membayarnya. Facebook juga mempertimbangkan biaya iklan terkait dengan bidang bisnis, target, dan pertimbangan lain yang sama halnya dengan iklan CPC.  Besaran nilai yang harus Anda bayar juga hampir sama dengan CPC, yakni jika iklan Anda ditampilkan sebanyak 1000 kali, maka Anda juga harus membayar antara jumlah rentang 0,05-0,12 dollar.

Ini Caranya Membuat Iklan Facebook yang Kreatif

Anda sekarang telah memiliki account sepenuhnya dan tahu semua model iklan Facebook yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda. Maka, saatnya bagi Anda untuk membuat kampanye iklan Facebook yang pertama. Untuk itu, sebelu Anda menghabiskan banyak dana untuk Facebook Ads, maka sangat penting untuk menetapkan tujuan iklan Anda terlebih dahulu.
Apa yang Anda inginkan dari pemasangan iklan melalui Facebook ini? Ingin meningkatkan konversi di toko online Anda? Atau hanya untuk membangun merek dan branding toko online Anda? Bahkan apakah hanya untuk mendapatkan lebih banyak like dan keterlibatan dengan customer Anda?   Sayangnya menggunakan Facebook Ads bukan hanya demi itu saja.

Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu

Untuk menetapkan tujuan Anda, maka pilih ‘Kelola Iklan’. Jika Anda belum memiliki iklan, maka halaman ini masih tampak kosong. Klik ‘Buat Iklan’ yang berada di atas kanan dari halaman Facebook Anda.
Panah
Maka Anda akan diberikan pilihan untuk membuat beberapa iklan sesuai tujuan Anda. Misalnya seperti beberapa hal di bawah ini:
  • Promosikan Kiriman Anda
  • Promosikan Halaman Anda
  • Arahkan orang ke situs web Anda
  • Tingkatkan konversi pada situs web Anda
  • Dapatkan pemasangan aplikasi Anda
  • Tingkatkan interaksi dalam aplikasi Anda
  • Tingkatkan kehadiran di acara Anda
  • Ajak orang untuk mengklaim tawaran Anda
  • Dapatkan penayangan video
Facebook Ad Goal
Apapun yang Anda pilih, Anda harus memasukan informasi tambahan tentang apa yang Anda ingin promosikan. Misalnya, Anda menyertakan URL website untuk mengarahkan pengunjung ke website Anda, Facebook Page untuk mendapatkan lebih banyak like, Posting Facebook Page untuk meraih banyak komentar (keterlibatan), dan lain sebagainya.
Ketika Anda mempromosikan situs website eksternal Anda, maka DigitalMarketer.id menyarankan Anda untuk mengarahkan untuk tindakan konversi, bukan hanya sebatas klik saja. Anda tidak boleh hanya puas dengan meningkatkan jumlah pengunjung situs website saja, melainkan juga hal yang lebih efektif dengan cara meningkatkan penjualan, berlangganan newsletter, dan hal-hal lainnya.

Saatnya Menyiapkan  Gambar

Setelah Anda menetapkan tujuan iklan Anda, sekarang saatnya bagi Anda untuk merancang iklan Anda! Hal pertama yang harus Anda perhitungkan adalah, dengan memilih beberapa gambar yang nantinya akan Anda gunakan.
Sekarang, Facebook akan memungkinkan Anda untuk menguji hingga enam gambar. Pengujian ini dilakukan sebagai hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja promosi iklan Anda. Sehingga, Anda dapat mengambil keuntungan dari fitur ini untuk mengetes setidaknya dua atau tiga gambar yang berbeda.
Gambar 7 sipp
Beberapa tahun yang lalu, Facebook Ads menggunakan gambar yang kecil. Namun, ini tidak terjadi lagi. Format iklan di Newsfeed memiliki gambar besar dan sangat relevan. Jadi, pastikan untuk Anda meng-upload foto dengan resolusi  yang cukup tinggi. Facebook juga menyarankan agar gambar yang Anda upload memiliki ukuran 600 x 315, agar lebih memiliki tata letak yang tepat dan proporsional.
Gambar 8
Anda memiliki 3 cara untuk menambahkan gambar untuk iklan Anda. Caranya:
  • Meng-upload gambar dari computer Anda.
  • Image Library
  • Menemukan gambar dalam Shutterstock database.
Dengan pilihan pada poin ketiga, maka Anda berkesempatan menemukan lebih banyak gambar berkualitas dan mencarinya yang relevan dengan konten iklan atau materi iklan yang akan Anda buat.

Menyusun Kalimat untuk Iklan Anda

Hal yang paling sulit ketika membuat iklan Facebook adalah saat menyusun kalimat untuk konten iklan Anda. Konten-konten ini bergantung pada jenis iklan Anda.  Anda harus memperhatikan tiga bagian utama, seperti halnya judul, teks, link (untuk link, khusus iklan Newsfeed). Berikut yang perlu Anda pahami sebelum membuat komponen-komponen tersebut.
  • Untuk judul, Anda hanya memiliki 25 karakter saja. Lebih dari itu, teks tidak akan muncul pada iklan yang Anda buat.
  • Untuk teks iklan, Anda memiliki 90 karakter (untuk iklan Newsfeed.
  • Untuk Newsfeed link pada deskripsi, Anda memiliki 90 karakter.
Sipo
Intinya adalah, pastikan bahwa deskripsi atau konten yang berupa teks tersebut dapat menerangkan gambaran bisnis atau page Anda. Anda juga dapat memilih ‘call To Action’ seperti beli sekarang, mendaftar, pesan sekarang, pelajari selengkapnya, dan masih banyak lagi lainnya. Semua menyesuaikan dengan model iklan yang Anda pilih. Gunakan satu kalimat yang padat dan jelas. Hal ini untuk menyesuaikan jumlah karakter yang dibatasi oleh Facebook. Jika deskripsi melebihi jumlah karakter yang ditentukan, maka bisa jadi akan terpotong ketika iklan Anda di publish. Untuk itu, sebelum Anda untuk memutuskan membayar iklan yang telah Anda buat, klik pratinjau terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan agar template iklan yang sebelumnya Anda buat sesuai dengan keinginan Anda.

Berbagai Penempatan Iklan

Ketika menggunakan iklan ini, Facebook menawarkan beberapa spot penempatan iklan. Adapun tiga tempat tersebut di antaranya seperti Newsfeed, Mobile, dan kolom sebelah kanan.
Banyak pemasang iklan menganggap bahwa penempatan iklan di kolom sebelah kanan hanya membuang-buang uang. Karena, penempatan pada Newsfeed dianggap lebih strategis. Namun sayangnya, Anda tak pernah mengetahui apakah model-model penempatan iklan tersebut baik atau tidak, sebelum Anda mengujinya terlebih dahulu.
gambar 9 SIP
Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah jangan pernah melupakan penempatan iklan yang mendukung versi mobile. Beberapa pengiklan membuat kesalahan dengan mengarahkan pengguna yang meng-klik iklan seluler ke situs yang tidak mendukung untuk versi mobile. Halo ini tentunya akan menghabiskan anggaran Anda untuk sesuatu yang tidak ada gunanya.
Jika Anda mengikuti tutorial ini mulai dari awal, maka Anda tidak perlu menggunakan jasa seseorang untuk membuat Facebook Ads ini. Tentunya, dengan ini maka akan menghemat anggaran Anda. Cukup mudah bukan? Materi selanjutnya, DigitalMarketer.id akan membahas tentang bagaimana menentukan target market untuk iklan yang telah Anda buat, serta bagaimana mengukur keberhasilan bisnis Anda melalui Facebook Ads. Kedua hal ini tentunya semakin menarik untuk Anda ikuti, karena memang merupakan rangkaian menggunakan dan memaksimalkan Facebook Ads untuk kebutuhan bisnis Anda.
Jika terdapat masalah pada saat  Anda mengikuti tutorial ini, atau bahkan Anda ingin berbagi tentang pembuatan Facebook Ads ini, maka tidak ada salahnya untuk kita diskusikan bersama. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mengisi kolom komentar di bawah ini.
Artikel sumber: www.digitalmarketer.id

Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget

Jadi, pada dasarnya beriklan baik itu di Adwords, Facebook Ads, Instagram, dan media-media lainnya, Kunci utama iklan kita sukses adalah dilihat dari berapa CTR yang kita dapat. Sebelum membahas cara meningkatkan CTR Facebook Ads lebih jauh, mari kita kenalan terlebih dahulu dengan CTR.
Apa Itu CTR (Click Through Rate)

CTR disini bukanlah game playstation Crash Team Racing ya. Tetapi CTR disini adalah rasio dari jumlah klik dengan tampilan iklan supaya Buat Iklan Facebook Ads Tertarget. Contohnya seperti ini:
Apabila iklan A tayang 1000x namun dengan klik hanya 100x, maka CTR nya bisa dikatakan 10%
Apabila iklan B tayang 1000x namun dengan klik hanya 10x, maka CTR nya 1%
Kesimpulan nya, jika iklan A mendapatkan biaya sekitar Rp. 1, maka pihak Ads Network (perusahaan iklan, dalam kasus ini kita menggunakan Facebook Ads) akan mendapatkan uang Rp. 100 per 1000 tampilan iklan. Sama halnya dengan iklan A, iklan B juga seperti itu. Jika iklan B mendapatkan biaya iklan sekitar Rp. 10 maka Facebook akan mendapatkan Rp. 100 per tampilan iklan.
Mungkin kedua iklan diatas jika kita lihat sedikit perbedaannya, namun sebenarnya perbedaannya sangatlah besar. Oleh karena itu apabila kita sedang menjalankan iklan baik itu di Facebook atau media lainnya. Jangan pernah lupa untuk memperhatikan CTR dari iklan kita, apakah iklan kita menghasilkan atau justru malah merugikan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan CTR Facebook Ads yang bisa membuat iklan kita lebih menghasilkan.
Pilih Hanya 2 Placements Terbaik dari 4 Placements yang Disediakan Facebook Ads
Di dalam Facebook Ads tentunya ada 4 placement yang bisa kita gunakan. Seperti:
Audience Network.
Dekstop Right Column.
Dekstop News Feed.
Mobile News Feed.
Saran kami, pilihlah hanya 2 yang terbaik. Misal kombinasi Dekstop News Feed dan Mobile News Feed. Atau kombinasi yang lainnya. Namun karena perkembangan Mobile yang semakin pesat dan banyak yang menggunakannya. Jadi, Mobile News Feed bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk menempatkan iklan kita di Facebook.
Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget untuk meningkatkan CTR Facebook Ads, Perlu Menggunakan CTA (Call To Action) Button
Kebijakan Facebook Ads tentang hanya memperbolehkan gambar yang memiliki porsi teks kurang dari 20% membuat kita harus lebih kreatif lagi dalam menyampaikan apa yang ada di dalam iklan kita.
Untuk menghasilkan iklan yang lebih menarik untuk di klik, maka pastikan iklan yang kita tampilan disertai tombol CTA, agar calon konsumen tahu apa yang harus mereka lakukan terhadap iklan kita. Apakah Download, atau Membeli (Shop Now), atau lainnya. Tentu menyertakan gambar yang baik dan menarik di iklan kita agar iklan dapat maksimal, CTR meningkat juga bisa dikarenakan gambar yang digunakan. Untuk dapat mengetahui cara beriklan di Facebook agar lebih maksimal dengan menggunakan gambar, maka kita bisa mempelajarinya di artikel yang berjudul Cara Membuat Iklan Agar Lebih Maksimal Dengan Menggunakan Gambar di Facebook Ads berikut ini.

Tentukan Target Location dan Range Usia hal ini merupakan Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget
Menentukan Target Lokasi dan Range Usia juga salah satu hal yang harus kita perhatikan apabila kita ingin meningkatkan CTR Facebook Ads untuk iklan kita. Selain Interest, 2 jenis layers seperti Target Lokasi dan Range Usia menjadi pembantu tersendiri untuk iklan kita supaya bisa mendapatkan CTR yang lebih tinggi. Berikut penjelasan nya:
Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget Tentukan Range Usia.
Misalkan jika kita ingin menjual tools atau semacamnya untuk membantu pekerjaan, maka usia yang kita pilih adalah usia sekitar 23-50 (usia seorang pekerja). Apabila kita tawari tools tersebut kepada usia yang lebih muda, sekitar 18-22, maka iklan kita bisa dipastikan gagal dan tidak mendapatkan CT yang tinggi. Kenapa?
Karena umur 18-22 bukanlah umur seorang pekerja atau bukan orang yang memerlukan tools tersebut. Jadi itu bisa dikatakan tidak tepat sasaran. Oleh karena itu mendapatkan CTR tinggi bisa dikarenakan pemilihan usia yang terbilang tepat. Apabila pemilihan usia tidak tepat, maka promosi produk yang kita lakukan juga tidak tetap pada sasaran.
Apabila CTR semakin rendah, maka CPC kita akan menjadi lebih tinggi, sehingga membuat biaya iklan kita menjadi lebih besar. Bisa dikatakan rugi. Namun apabila pendapatan kita lebih besar daripada biaya iklan yang dikeluarkan, maka iklan kita bisa kita anggap berhasil.
Buat Iklan Facebook Ads Anda dengan menentukan Target Lokasi.
Sama halnya dengan Range Usia, apabila kita salah menargetkan lokasi, maka promosi kita akan terbilang sia-sia. Misal, jika kita ingin menjual Buku A, maka pastikan Target Lokasi kita harus lebih spesifik. Bukan kita menargetkan 1 negara atau 1 kota besar.
Seperti contohnya, jangan menargetkan 1 Negara saja (Australia) misalnya. Padahal di Australia terdapat kota-kota seperti Sydney, Canberra, dan kota lainnya. Ada baiknya, kita menargetkan lebih spesifik lagi, seperti memasukkan kota-kota yang memiliki peminat dari produk yang kita jual, contohnya Sydney, Melbourne, dan kota-kota lainnya.
Dengan banyaknya peminat di suatu kota tertentu, apabila kita tawari mereka sebuah penawaran produk yang mereka suka, maka klik iklan yang akan terjadi lebih besar dibandingkan jika kita menargetkan seluruh negara Australia. Dengan begitu kita akan mendapatkan CTR yang lebih tinggi sehingga upaya kita untuk meningkatkan CTR Facebook Ads pada iklan kita bisa berhasil.
Cara Buat Iklan Facebook Ads Tertarget untuk meningkatkan CTR Facebook Ads pada iklan kita, tentunya tidak didasarkan pada banyaknya biaya yang kita keluarkan untuk beriklan di Facebook. Menggunakan biaya yang kecil pun juga bisa mendapatkan CTR yang tinggi, asalkan target yang dituju tetap sasaran. Apapun cara yang dilakukan untuk meningkatkan CTR Facebook Ads pada iklan kita, pastikan cara tersebut tidak melanggar kebijakan beriklan di Facebook.


0 komentar:

Posting Komentar